Tips Untuk Partisi Yang Terhapus

olengk Senin, 15 Maret 2010
Harddisk merupakan media penyimpan data digital,beragam kapasitas data dapat kita tampung didalamnya,tergantung kapasitas dari harddisk itu sendiri.Berbagai kerusakanpun sering terjadi pada harddisk karena berbagai penyebab.Kerusakan yang sering terjadi adalah menghapus file, memformat,
dan menghapus partisi secara tidak sengaja.Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan data pada harddisk yang rusak adalah :



  1. Jika sebuah partisi terhapus secara tidak sengaja,maka biarkanlah harddisk itu apa adanya.Harddisk tidak pernah menghapus data atau partisi,sebenarnya adalah harddisk menandai tempat data atau partisi sebagai tempat kosong.Padahal sebenarnya data atau pertisi masih ada didalamnya,hanya saja tidak dapat dibaca oleh operating system karena sudah ditandai kosong.

  2. Jangan menyimpan atau menulis apapun di harddisk tersebut,karena ini berakibat harddisk akan menyimpan data baru pada tempat yang telah ditandai kosong tadi,sehingga data atau partisi akan benar-benar hilang.Untuk menghindari operating system menuliskan data dalam harddisk tersebut,silahkan pindahkan harddisk tersebut ke komputer lain sebagai slave drive.

  3. Selanjutnya,gunakan FIle Recovery Program untuk mencoba membaca data atau partisi yang hilang.Misalnya tools yang tersedia pada Hiren’s http://www.hiren.info/pages/bootcd
     

  4. Jangan pernah membuka harddisk secara fisik,debu dan partikel lainya dari luar dapat merusak harddisk secara fisik.
sumber:http://kompikita.web.id/harddisk/tips-untuk-partisi-yang-terhapus/
Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar