Korsel Ciptakan Software Bagi Netter Kecanduan Internet

olengk Sabtu, 20 Maret 2010
Pemerintah Korea Selatan berusaha keras menurunkan angka kecanduan internet warga negaranya. Salah satunya adalah melalui pembagian software khusus.

Ada dua jenis software yang akan dibagikan secara cuma-cuma, yakni program Consensual Shutdown dan Internet Fatigue.

Program Consensual Shutdown akan membatasi penggunaan internet sesuai dengan waktu yang telah diatur, sedangkan software Internet Fatigue akan membuat game semakin lama semakin sulit sehingga pemain menjadi jenuh.

Rencananya, program pembagian software yang dicanangkan Kementerian Administrasi Publik dan Keamanan Korsel akan dilaksanakan mulai tahun depan.

"Kasus kematian yang disebabkan oleh kecanduan game jelas menunjukkan bahwa kecanduan internet adalah masalah bagi semua kalangan usia," ujar juru bicara kementerian.

Beberapa waktu lalu, kepolisian Korsel membekuk pasangan yang menelantarkan bayinya hingga meninggal lantaran kecanduan bermain game bayi virtual.

Oleh karena itu pemerintah Korsel bertekad menurunkan jumlah pecandu internet. Saat ini ada sekitar dua juta pecandu internet di Negeri Gingseng tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Korsel juga membuat 140 unit klinik konseling serta membuka program rehabilitasi yang khusus menangani kecanduan internet di sekitar 100 rumah sakit. Belum puas, mereka lalu membuka program kemah penyelamatan (rescue camp) untuk para pecandu internet. (AFP/Detik)


Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar